Hati-hatilah Terhadap Iming-iming Pinjaman Online Langsung Cair

pinjaman online langsung cair tanpa rekening pribadi

Pinjaman online langsung cair tanpa rekening pribadi sekarang sedang marak di kalangan masyarakat. Tentu saja pinjaman ini dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan dana secara cepat, karena Anda bisa langsung mengakses layanan ini memakai smartphone dimana saja dan kapan saja. Bukan hanya aksesnya yang mudah, lembaga penyedia layanan keuangan juga akan memberikan beberapa syarat kepada calon nasabahnya yang tidak sulit. 

Biasanya, Anda hanya akan diminta menunjukkan NPWP, kartu identitas, dan rekening bank pribadi yang minimal sudah berjalan selama 3 bulan. Karena kemudahan tersebutlah yang menjadikan banyak orang tidak bertanggung jawab menggunakan situasi tersebut untuk melakukan tindak kejahatan yaitu penipuan pinjaman online.

Tidak hanya dapat menggaet korban dari pesan singkat dan telepon saja, namun mereka juga cerdas untuk mendapatkan korban melalui sosial media yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat, seperti Instagram dan Facebook. 

Banyak sekali cara yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan mangsanya seperti merayu dengan iming-iming yang menarik melalui media sosial atau telepon secara langsung. Walaupun OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah memberi himbauan agar tidak mudah percaya dengan penawaran yang tidak masuk akal, namun tetap saja sampai saat ini masih banyak orang yang membuat laporan jika uangnya sudah hilang diambil pelaku. 

Untuk itu, jika Anda membutuhkan pinjaman dana, haruslah berhati-hati jangan sampai Anda tertipu oleh pelaku. Ada baiknya Anda ingat dan kenali ciri-ciri modus penipuan pinjaman online seperti berikut ini. 

Ciri-Ciri Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Rekening Pribadi

pinjaman online langsung cair tanpa rekening pribadi-2

1. Penawaran yang Memaksa 

Biasanya pinjaman online langsung cair tanpa rekening pribadi yang berkedok penipuan ini saat menawarkan produk nya akan memaksa Anda agar mengambil produk tersebut. Mereka juga akan menawarkan produknya melalui pesan di akun sosial media bahkan sampai menelepon Anda.

Pada penawaran itu, pihak pinjaman online abal-abal ini hampir tidak pernah memberikan penjelasan mengenai produk pinjamannya dengan detail sebab mereka hanya menyampaikan iming-iming yang menggiurkan saja. Saat follow up biasanya mereka akan memaksa Anda supaya cepat menyetujui penawarannya. 

Tentu saja hal tersebut berbeda dengan pinjaman online terpercaya yang bila ingin mengajukan pinjaman Anda harus melakukannya melalui sebuah aplikasi atau website yang telah disediakan oleh lembaga tersebut.

Bahkan seluruh prosesnya dilakukan di aplikasi atau website tersebut. Terkecuali jika Anda ingin menanyakan informasi yang lain tentang layanan pinjaman online yang ingin Anda pilih, maka Anda bisa menghubungi pihak pinjaman online yang dipilih dan pihak tersebut akan memberikan jawaban atas pertanyaan yang sudah Anda berikan. 

Selain itu, hati-hati dengan nomor yang tidak Anda kenal dan iming-iming menggiurkan yang sudah jelas tidak akan menguntungkan. Anda juga harus ingat jika lembaga pinjaman online yang legal atau resmi hanya akan menawarkan produknya dengan cara yang tepat, misalnya tidak melakukan pemaksaan dan memberikan informasi yang jelas serta tidak akan menawarkan melalui pesan singkat di sosial media. 

2. Tidak ada syarat dan ketentuan 

Lembaga pinjaman online langsung cair tanpa rekening pribadi yang tidak bertanggung jawab biasanya tidak memiliki syarat apapun untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman. Berbeda dengan lembaga pinjaman yang telah memiliki izin resmi dari OJK, lembaga tersebut tentunya mempunyai beberapa persyaratan yang harus Anda miliki dan lengkapi agar bisa mencairkan dana yang ingin dipinjam. 

Hal tersebutlah yang membuat para calon nasabah ketakutan sebab terdapat syarat yang tidak dapat dipenuhinya. Sehingga, muncullah para lembaga pinjaman online abal-abal di sosial media yang bisa memberikan dana cepat tanpa syarat dan hanya memberikan nama, alamat dan nomor telepon saja. 

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, pastikan seluruh syarat yang diberikan oleh lembaga pinjaman harus detail, mulai dari NPWP, KTP sampai tahap pengecekan riwayat pinjaman yang bisa dilihat dari BI checking. Lalu, seluruh syarat tersebut hanya di input pada aplikasi atau website, tidak melalui SMS. 

3. Tidak ada uang muka 

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu lembaga pinjaman online memang meminta biaya administrasi untuk materai dan nilainya tidak banyak.

Pinjaman online ilegal juga akan meminta sejumlah uang kepada Anda namun dengan jumlah jutaan rupiah dan biasanya mereka akan mengatakan jika uang tersebut untuk keperluan pencairan dana. Bagi Anda yang tidak tahu akan hal ini, mungkin saja langsung memberikan uang tersebut kepadanya. 

Oleh karena itu, jangan terburu-buru melakukan pinjaman dengan kepastian yang masih abu-abu. Perhatikan persyaratan yang ada dan tanyakan dengan detail agar tidak ada kekeliruan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari sebab kehilangan uang. 

Itulah, ulasan mengenai penipuan pinjaman online langsung cair tanpa rekening pribadi yang harus Anda waspadai. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan secara detail semua informasi tentang produk pinjaman yang akan dipilih, ya!