Mengenal Konsep Lembaga Keuangan bukan Bank: Pinjaman Online Termasuk di Antaranya

aplikasi pinjaman uang

Apakah Anda tahu lembaga keuangan bukan bank saja? Untuk yang belum tahu, ternyata di Indonesia terdapat lembaga keuangan non bank atau dikenal juga sebagai lembaga keuangan bukan bank (LKBB). Kebutuhannya antara bank dan LKBB ini ditujukan untuk memberikan peranan penting dalam aktivitas ekonomi Indonesia. 

Melalui kedua lembaga tersebut mampu memberikan keadaan yang strategis dalam menghimpun dan menyalurkan dana yang ditujukan untuk taraf hidup masyarakat yang lebih efektif dan efisien. Nah, pada tahap ini kami akan mengajak Anda untuk lebih luas mengenai lembaga bukan bank tersebut, simak penjelasan lengkapnya. 

Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Hadirnya LKBB ini bukan tanpa dasar dan statusnya legal di Indonesia, karena sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan No 38/MK/IV/1972. Melalui keputusan tersebut ada beberapa jenis lembaga keuangan statusnya bukan bank. Apa saja itu? Mari kita bahas

1. Koperasi Simpan Pinjam 

Berdasarkan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 menjelaskan apabila koperasi simpan pinjam termasuk dalam perjalanan usaha yang dalam prosesnya menghimpun dana dari masyarakat dan dipinjamkan lagi kepada masyarakat dan anggota atau masyarakat yang sudah terhimpun dalam koperasi simpan pinjam tersebut. 

Perkembangan koperasi sendiri sudah lama di Indonesia, karena memberikan banyak dampak yang baik untuk menghidupkan ekonomi masyarakat. 

2. Pasar Modal 

Untuk Anda yang ingin mencari surat berharga, termasuk saham dan obligasi, maka bisa langsung masuk ke pasar modal. Biasanya kebutuhan dari pasar modal sendiri untuk mendapatkan sumber biaya yang ditujukan untuk prospek jangka panjang. Tetapi, bagi para investor, pasar modal termasuk dalam bentuk penyaluran dana secara optimal. 

3. Perusahaan Asuransi 

Mungkin Anda termasuk salah satu nasabah asuransi tertentu yang berlaku di Indonesia. Ternyata perusahaan asuransi sendiri masuk dalam kategori lembaga keuangan yang statusnya bukan bank. Dalam tahap ini, apabila Anda ingin memanfaatkan asuransi pastikan memilih dan mencari tempat yang tepat sesuai dengan kebutuhan. 

Jangan sampai Anda salah dalam memilih, karena akan ada banyak kerugian yang akan terjadi dan membuat Anda akan mengalami kerugian nantinya. 

4. Pegadaian 

Sebagian orang akan menganggap apabila pegadaian itu termasuk dalam bank, tetapi lembaga satu ini termasuk dalam lembaga keuangan bukan bank. Fungsi dan peranan dari pegadaian sendiri memang ditujukan untuk memberikan pinjaman yang kebutuhannya akan meminta jaminan kepada nasabah yang membutuhkannya. 

Saat ini pun, Pegadaian masih menjadi pilihan untuk beberapa orang yang sedang mencari pinjaman dengan jaminan yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pegadaian termasuk lembaga yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. 

5. Leasing 

Berikut ini yang merupakan contoh lembaga keuangan adalah perusahaan leasing. Untuk Anda yang ingin melakukan pembelian dengan cash atau kredit, maka bisa melalui perusahaan leasing tersebut. Lembaga satu ini tidak termasuk dalam kategori bank dan sistem kontraknya pun memberikan nasabah pembelian yang prosesnya secara cicilan. 

Di Indonesia proses perusahaan leasing cukup populer dan keberadaannya sendiri juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya untuk membeli kendaraan bermotor. 

Fungsi Lembaga Keuangan Non Bank

lembaga keuangan bukan bank

1. Memberikan Proses Kredit 

Salah satu fungsi dari lembaga keuangan yang bukan bank sendiri ditujukan untuk memberikan proses kredit kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam tahap ini ada beberapa ketentuan, baik untuk membeli kendaraan, barang elektronik, dan sebagainya. Sebelum melakukan dan menyetujui proses kreditnya, maka ada beberapa kontrak kredit. 

Ketentuannya harus berdasarkan pada penjelasan yang lengkap dan tidak ada kedua belah pihak yang mengalami kerugian. 

2. Mengumpulkan Dana 

Berdasarkan dari Surat Keputusan (SK) Menteri Keuangan No 38/MK/IV/1972 bahwa lembaga keuangan ditujukan untuk menghimpun dan mengumpulkan dana. Pada tahap ini, dana yang dimaksudkan didapatkan dari nasabah dan dikeluarkan dalam bentuk surat berharga yang ditujukan untuk investasi pada perusahaan atau perseorangan. 

3. Menjadi Sebagai Perantara 

Fungsi selanjutnya dari lembaga satu ini ditujukan untuk menjadi perantara antara perusahaan yang sedang butuh modal dengan para pemilik modal (investor). Dalam tahap ini, prosesnya sendiri untuk memudahkan perusahaan yang ada di dalam negeri mampu mendapatkan sumber atau suntikan dana, baik itu berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. 

4. Membentuk Usaha Bidang Keuangan 

Mungkin Anda akan sering melihat beberapa penawaran pinjaman online yang sedang banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Pada tahap satu ini Anda akan melihat beberapa ketentuan yang akan didapatkan, termasuk beberapa manfaat yang diterima dan didapatkan secara menyeluruh. 

Pada tahap ini, lembaga keuangan non bank tersebut ketika hendak mendirikan usaha perlu untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan dahulu. 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai lembaga keuangan bukan bank. Beberapa kebutuhannya banyak memberikan beberapa manfaat untuk menunjang aktivitas masyarakat di Indonesia.