Pinjaman Tanpa Jaminan: Solusi Keuangan atau Menambah Masalah Baru?

pinjaman tanpa jaminan

Ketika keadaan ekonomi sedang tidak pasti dan beberapa kebutuhan penting tidak bisa dihindari, membuat banyak orang kesulitan dalam memenuhinya. Salah satu alternatif untuk bisa menyambung hidup dan kebutuhan sehari-hari, maka mengajukan pinjaman tanpa jaminan menjadi solusi yang tepat, sehingga keperluan yang ada bisa didapatkan. 

Apalagi jika keadaan Anda sedang darurat dan mendesak, memilih pinjaman tanpa adanya tersebut bisa Anda maksimalkan secara menyeluruh. Terutama untuk Anda yang tidak mempunyai kartu kredit, maka pilihan tersebut bisa Anda manfaatkan. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk mendapatkan kredit tanpa agunan (KTA) tersebut, berikut ini penjelasannya, 

Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan 

Pada dasarnya untuk mengajukan pinjaman tanpa adanya agunan atau jaminan tersebut bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Apalagi sekarang ini tersedia beberapa platform kredit yang membuat diri Anda bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Tentunya dengan besaran nominal yang bisa Anda sesuaikan dari kebutuhan yang diinginkan. 

Konsep dari kredit tanpa agunan (KTA) hampir sama dengan kartu kredit, tetapi perbedaannya kartu kredit harus mengajukan ke pihak perbankan dan melalui proses yang panjang sebelum disetujui. Berbeda dengan pinjaman tanpa agunan, hanya modal dokumen pendukung saja sudah bisa mendapatkan pinjaman, mungkin hitungan jam saja bisa langsung disetujui. 

Untuk proses pengajuan pinjaman tanpa jaminan sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, simak ulasannya. 

pinjaman tanpa jaminan

1. Memilih Platform 

Langkah pertama kali, pastikan Anda mencari penyedia layanan pinjaman yang tepat dan sudah terdaftar langsung dibawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagian satu ini harus benar-benar bisa Anda perhatikan, jangan sampai Anda salah dalam memilih dan melakukannya, sebab akan berdampak banyak permasalahan kedepan. 

2. Menentukan Jumlah Pinjaman 

Apabila Anda sudah memilih platform pinjaman, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan mengenai jumlah pinjaman yang dibutuhkan. 

3. Proses Pengajuan Pinjaman

Untuk Anda yang ingin melakukan proses pengajuan bisa Anda perhatikan mengenai pengajuan pinjaman yang diberikan tersebut. Nantinya apabila Anda sudah menentukan nominal pinjaman, maka langsung dihubungi. 

4. Surat Perjanjian

Jika proses peminjaman sudah disetujui, tahapan selanjutnya tinggal tanda tangan mengenai surat perjanjian terhadap pinjaman yang Anda inginkan tersebut. Biasanya akan diberikan waktu terlebih dahulu untuk membaca dan memahami surat perjanjian tersebut. Tahapan satu ini sangat penting untuk Anda lihat, jika cocok bisa langsung Anda tanda tangan. 

5. Jadwal Jatuh Tempo 

Pihak perusahaan penyedia layanan pinjaman tanpa jaminan akan membuat dan mengirimkan terkait jadwal jatuh tempo pinjaman yang ada. Hal ini untuk pengingat dan memudahkan peminjam untuk membayar cicilan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengajukan jadwal setelah masa gajian. 

Syarat-Syarat Pengajuan Pinjaman Tanpa Jaminan 

Dalam tahap ini ada beberapa syarat mengenai pinjaman tanpa jaminan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa ketentuannya, simak yuk. 

1. Memiliki KTP 

Jika Anda berniat untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan atau kredit tanpa agunan tersebut, maka sudah harus memiliki KTP terlebih dahulu. Bagian satu ini paling penting dan utama, apabila Anda tidak mempunyai Kartu Tanda Penduduk, maka kesulitan untuk mendapatkan proses pengajuan pinjaman yang Anda inginkan tersebut. 

2. Usia 

Faktor usia yang diberikan untuk mengajukan pinjaman satu ini tentunya Anda harus sudah berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Tapi, ada juga beberapa platform lainnya yang menawarkan pinjaman dari umur 18 tahun, sehingga tergantung dari kebijakan dan ketentuan pihak penyedia layanan terkait keadaan tersebut. 

Langkah paling baik memang sudah masuk umur 21 tahun, karena keadaannya sudah memiliki pola pikir yang matang dan sudah tidak labil. 

3. Penghasilan 

Selanjutnya yang akan dilihat mengenai jumlah penghasilan yang didapatkan oleh pihak pengajuan pinjaman. Biasanya pihak penyedia layanan akan melihat dari UMR daerah, apabila sudah sesuai standar nominal pinjaman akan disesuaikan. Apalagi jika Anda mempunyai penghasilan diatas UMR, maka otomatis bisa langsung disetujui. 

4. Limit Pinjaman 

Untuk kebutuhannya KTA itu biasanya diperuntukkan pada pinjaman jangka pendek. Sehingga prosesnya harus melihat dan disesuaikan dengan ketentuan yang ada. Biasanya beberapa penyedia layanan akan memberikan pinjaman antara 3 juta rupiah sampai 5 juta rupiah. Beban bunganya pun masing-masing sekitar 1 persen atau lebih. 

Apakah Pinjaman Tanpa Agunan Solusi atau Masalah?

Semuanya kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing, apabila keperluannya yang mendesak tentu masih bisa dipertimbangkan. Tetapi, jika prosesnya hanya untuk nilai konsumtif KTA bisa menjadi boomerang dan akan merugikan diri Anda sendiri nantinya. Faktor satu ini harus benar-benar dipertimbangkan dan pastikan kebutuhannya itu jelas dan terukur. 

 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pinjaman tanpa jaminan, pastikan Anda tidak sembarangan dalam melakukannya dan mempunyai perhitungan untuk mengajukan pinjaman tersebut.