Perkembangan dan Tren Fintech di Indonesia 5 tahun Belakangan

Perkembangan dan Tren Fintech di Indonesia 5 tahun Belakangan

Kehadiran fintech di Indonesia memang sudah tidak asing lagi. Perkembangan fintech ini pun telah diprediksi akan terus melaju cepat. Fintech adalah kepanjangan dari financial technology atau teknologi keuangan. Dimana fintech adalah inovasi dalam bidang keuangan yang dibantu dengan teknologi. 

Dengan adanya fintech ini, menyebabkan sebuah trend yang sangat menarik sekali, khususnya di Indonesia. Kalau kalian adalah pengguna Gopay, LinkAja, Ovo dan lain sebagainya, itu adalah contoh fintech. Lalu, sebenarnya bagaimana perkembangan dan tren fintech 5 tahun belakangan ini? Kenapa masyarakat lebih memilih menggunakan fintech sekarang? Untuk lebih memahaminya, mari simak ulasannya di bawah ini. 

Perkembangan dan Tren Fintech Di Indonesia 

Siapa yang menyangka jika fintech sudah masuk ke Indonesia semenjak tahun 2006 lalu. Tapi, kala itu tidak seperti sekarang ini karena memang perangkat komunikasi tidaklah banyak digunakan. Masih seputar telepon rumah dan alat lainnya. Ketika tahun 2015, terbentuklah Asosiasi Fintech Indonesia atau AFI. 

Mulai dari tahun tersebutlah, fintech semakin pesat berkembang. Bahkan hingga 2021, pertumbuhan fintech mencapai angka 80% dan sekitar 147 perusahaan pun terdaftar di OJK. Dengan perkembangan yang tercatat ini telah membuktikan bahwa masyarakat Indonesia lebih condong menggunakan Fintech ketimbang keuangan yang biasanya. 

Perkembangan dan Tren Fintech di Indonesia 5 tahun Belakangan

Secara keseluruhan memang sudah sangat terlihat sekali bagaimana perkembangan fintech ini. Tapi, perkembangan 5 tahun belakangan ini memang sangatlah pesat dan mengagumkan. Anda sudah tahu contoh fintech yang sudah disebutkan tadi, namun apa Anda tahu kalau fintech ini buka hanya sekedar e-wallet saja? 

Anda pasti menyadari bahwa setiap produk yang tadi disebutkan memberikan layanan yang benar-benar lengkap. Kita ambil saja contoh dari Gojek yang berawal dari aplikasi untuk transportasi online, sekarang sudah mempunyai layanan pembayaran berbagai macam hal.

Mulai dari asuransi, listrik, PDAM dan lain sebagainya. Anda juga bisa dengan mudah transfer uang ke sesama atau rekening bank. Bahkan Anda bisa menggunakan Paylater yang sistemnya seperti kartu kredit. 

Dari sini, maka sudah bisa Anda lihat bagaimana fintech berkembang dengan sangat pesat. Masyarakat pun juga mendapatkan banyak manfaat yang dihadirkan aplikasi fintech. Namun, karena pesatnya kemajuan dalam dunia fintech, tidak sedikit juga yang mengalami pengalaman buruk. 

Sebut saja pinjaman online ilegal yang semakin meresahkan. Dimana mereka juga termasuk bagian dari fintech. Maka daripada itu, setiap perusahaan yang bergerak dalam fintech harus terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Maka daripada itu, bagi Anda yang sekarang menggunakan fintech, pastikan bahwa mereka adalah perusahaan yang legal dan terdaftar. 

Alasan Kenapa Fintech Berkembang Pesat 

Adapun alasan kenapa fintech ini bisa berkembang dengan pesat di Indonesia. Dimana ini adalah bagian tren dari fintech yang terjadi 5 tahun belakangan. Berikut ini adalah alasannya: 

Kemajuan teknologi 

Sudah jelas, alasan paling utama kenapa sekarang fintech menjadi trend dikalangan masyarakat adalah kemajuan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Lihat saja sekitar Anda, dimana semua orang sudah menggunakan smartphone, jaringan internet adalah yang utama digunakan oleh semua lapisan dan aspek di kehidupan masyarakat. 

Kehadiran fintech pun memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Proses untuk menggunakannya juga tidaklah sulit dan siapapun pasti bisa memakai aplikasi fintech. Karena hanya dengan satu aplikasi, maka masyarakat bisa mendapatkan layanan keuangan yang dibutuhkan. Tidak perlu lagi repot mengantri dan mengisi berlembar-lembar formulir. 

Bisa digunakan oleh siapa saja 

Alasan yang satu ini juga sempat disinggung pada poin sebelumnya. Dimana semua orang dapat dengan mudah menggunakan fintech karena memang prosesnya yang sederhana. Jika Anda perhatikan pun sekarang sudah tidak ada batasan umur siapa yang menggunakan fintech. Bahkan bagi yang sudah berumur, adanya fintech ini memberikan banyak kemudahan. 

Keamanan terjamin 

Anda juga sudah tahu bahwa setiap fintech yang ada di Indonesia harus sudah terdaftar di OJK. Dimana badan pengawas milik pemerintah ini akan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat yang menggunakan fintech. Sehingga Anda juga tidak perlu takut menggunakan salah satu aplikasi fintech, dengan catatan bahwa mereka sudah terdaftar di OJK. 

Apabila Anda memilih fintech yang tidak terdaftar, maka tidak ada yang akan bertanggung jawab akan masalah yang Anda alami. Karena semua perusahaan fintech yang terdaftar sudah pasti akan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Jadi, Anda lebih baik waspada dengan fintech yang tidak ada dalam daftar OJK. 

Demikianlah penjelasan akan perkembangan dan tren fintech di Indonesia selama 5 tahun belakangan ini. Karena memang berhubungan dengan teknologi, maka tidak heran bila jika fintech terus berkembang dengan pesat dan semakin baik. Dengan masyarakat juga terbantu dalam urusan keuangan, bisa dipastikan fintech ini masih memiliki peluang untuk terus berkembang.