Kenapa Pinjol Ilegal Sulit Sekali Diberantas?

Kenapa Pinjol Ilegal Sulit Sekali Diberantas?

Begitu banyaknya kasus yang melibatkan lembaga illegal salah satunya pinjaman online (pinjol), yang mengakibatkan banyak pemblokiran bagi lembaga pinjol illegal. Guna meminimalisir kasus pinjol illegal. 

Kendati demikian, tidak berarti para pelaku pinjol illegal berhenti sampai disitu saja. Justru akun pinjol illegal akan selalu muncul dengan nama platform yang baru.  

Ketua Satgas Waspada Investigasi (SWI) yaitu Tongam L Tobing  dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberi pernyataan terkait investigasi, bahwa mereka telah melakukan patrol harian via jaringan internet atau siber.

Sayangnya, setelah dilakukan proses pemblokiran terhadap akun pinjol illegal, masih tetap saja akun pinjol tersebut akan kembali ada seperti semula atau bahka muncul platform dengan nama yang baru. 

Sampai saat ini, belum diketahui keberadaan pinjol illegal. Ada dua jenis kelompok masyarakat yang terlibat dalam pinjol illegal, berikut ulasannya.

  1. Masyarakat yang kurang literasi mengenai pinjol illegal. Tipe yang seperti ini, tidak mengetahui apapun namun ketika sedang membutuhkan dana cepat, tetap melibatkan diri dengan pinjol illegal. 
  2. Masyarakat yang sudah mengetahui dengan pasti apa itu pinjol illegal. Namun, masyarakat tipe yang ini tetap melibatkan dirinya dalam belenggu pinjol illegal ddan rela terjerat utang. Biasanya masyarakat dengan tipe kedua ini, memiliki alasan, karena sudah putus asa dan sangat membutuhkan dana cepat. Maka dari itu tipe seperti ini sangat terpaksa melakukannya.

Dampak baiknya adalah, lembaga pinjol ini dapat memberi keringanan yang dialami beberapa masyarakat. Terbukti, masih banyak platform pinjol yang sudah secara resmi terdaftar OJK dan masih dapat dipercaya sampai detik ini. Terdapat 125 pinjol legal yang masuk dalam daftar resmi dari OJK. 

Sudah tertulis dalam catatan bahwa 60 juta rekening nasabah dengan jumlah kumulatif hingga Rp 190 triliun. Tentunya Anda harus cermat jika ingin melibatkan diri Anda dengan permasalahan uang, slaah satunya pinjol. Anda dapat menggunakan jasa dari lembaga pinjol resmi yang sudah terdaftar oleh OJK yang dapat dipercaya. 

Pihak pengembang pinjol illegal bukan dikembangkan di Indonesia dan bukan pula diciptakan oleh orang Indonesia. Pengembang pinjol illegal ini berasal dari Negara China, Rusia dan Korea Selatan. Karenanya, pihak otoritas pun akan mengalami masalah dalam memantau server pinjol illegal yang bahkan ada di luar negeri. 

Kenapa Pinjol Ilegal Sulit Sekali Diberantas?

Alasan Pinjol Ilegal Susah Diberantas

Bagaikan mati satu tumbuh seribu, seperti sudah dilakukan pemblokiran platform pinjol illegal. Patroli secara siber atau dalam jaringan yang sudah dilakukan oleh pihak SWI dengan Kemenkominfo ini sudah berjalan selama satu tahun silam. Namun lembaga pinjol illegal semakin banyak bermunculan dengan nama yang baru atau platform yang sudah berhasil diblokir, akan muncul kembali.

Hal ini sangat mempersulit pihak SWI dan Kemenkominfo, karena masyarakat yang terlibat, baik sebagai peminjam dan yang meminjam, sama saja tidak memiliki kesadaran sendiri untuk saling menghentikan pinjol illegal.

Harus waspada, karena proses tersebarnya promosi pinjol illegal ini dapat melalui SMS dan sosial media. Modus ini tentu untuk memberikan tawaran dan rayuan dengan tertuju via media sosial atau SMS ke nomor pribadi.  Anda harus lebih waspada dan cermat lagi, jika Anda menerima SMS atau segala hal yang berkaitan dengan pinjol illegal, maka abaikan saja atau langsung hapus saja pesannya.

Lembaga pinjol illegal tersebut tentunya terdapat berbagai macam modus demi mendapatkan anggota baru. Beragam modus dengan menawarkan beberapa fasilitas yang akan menggoda hati Anda, juga menjadi salah satu kamuflase pelaku pinjol illegal dalam melancarkan aksinya.

Pihak pinjol illegal akan memulai modus penipuannya dengan meminta KTP Anda, dengan modus bahwa mereka akan segera mencairkan dana cepat. 

Pelayanan pinjol illegal selalu mudah diakses dalam jaringan, bahkan dapat Anda unduh aplikasinya via ponsel pintar Anda. Ini yang harus Anda perhatikan baik-baik, justru dengan ketentuan semudah itu yang sudah tergiur akan tancap gas saja. 

Namun, dampak yang sangat buruk adalah pinjol illegal akan menjebak anggotanya dengan bunga yang tinggi. Jika yang berutang tidak mampu melunasi jatuh tempo, maka pihak pinjol menggunakan bunga yang tinggi. Ketika semua itu tidak terpenuhi, maka tidak membutuhkan waktu yang lama, pinjol illegal akan menagih uang dengan cara yang tidak membuat tidak nyaman.

Misalnya, memeksa, meneror, pelecehan seksual, dan mengakses data-data pribadi secara ilegal juga. Di sisi lain, masalahnya ada pada aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Belum terwujud penindakan hukum bagi para pelaku lembaga pinjol illegal.

Penindakan hukum masih terdapat Peraturan OJK atau PJOK dengan Nomor 77/POJK/01/2016 mengenai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. 

Demikian alasan mengapa lembaga pinjol illegal sangat susah untuk diberantas. Tugas Anda hanya cermat, waspada dan bertindak pintar. Jangan mudah tergiur, ingatlah betapa efek bahayanya melakukan transaksi dengan lembaga pinjol illegal. Stay safe!