Tips Bijak Menggunakan Pay Later Saat Berbelanja

Buat sebagian orang, paylater adalah metode pembayaran yang paling mudah dipakai dalam keperluan berbelanja, khususnya belanja online. Tentu saja, paylater memiliki daya tarik yang tidak bisa dilewatkan masyarakat, apalagi kaum hawa. Metode ini adalah jenis transaksi non tunai yang bisa dipakai untuk membeli barang di aplikasi belanja online. Dengan limit dan cicilan biaya yang dapat kamu tentukan atau sepakati sendiri loh!

Kamu pasti tidak asing kan dengan metode pembayaran yang satu ini? Yap, paylater sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari bagi kamu yang sering berbelanja. Nah, temen-temen. Selain itu, paylater juga sudah dijamin aman karena telah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau juga disebut OJK. Paylater juga memiliki akses khusus langsung terhubung dengan nomor handphone kamu, jadi dijamin aman dan praktis penggunaannya.

 Tulisan ini akan membahas bagaimana sih tips yang bijak dilakukan saat  berbelanja menggunakan paylater?

Apakah kamu termasuk orang-orang yang gemar belanja dengan menggunakan paylater? dan sudahkah kamu bijak menggunakan paylater untuk berbelanja? atau malah kamu cenderung boros dan kalap dalam berbelanja karena melihat limit yang besar? Duh, jika iya hati-hati loh, kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kamu memiliki tunggakan hutang yang menumpuk. Kamu harus tahu tips ini supaya kamu bisa bijak dalam berbelanja menggunakan pay later.

  • Batasi nilai pinjaman sesuai kemampuan

Hal yang harus diperhatikan sama kamu adalah membatasi nilai pinjaman sesuai kemampuan atau limit pinjaman. Jika limit pinjaman yang ada dalam paylater melebihi kemampuan kamu untuk membayar, kamu akan terus berbelanja dengan tidak ada jaminan pengembalian uang, otomatis membuat tunggakan hutang makin menumpuk dan tidak dapat dibayarkan karena misalnya gaji yang kamu dapatkan lebih sedikit daripada pengeluaran untuk berbelanja di pay later.

Membatasi limit pinjaman juga membuat kamu bisa lebih menghemat loh, kamu jadi tahu mana saja barang-barang yang diperlukan, dan mana barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

  • Memahami Kontrak Perjanjian

Seringkali seseorang merasa dirugikan bahkan merasa ditipu oleh metode pembayaran non tunai ini. Alasan yang biasanya muncul adalah merasa tidak adanya kesepakatan antara dua pihak dalam memutuskan sesuatu. Misalnya dalam hal biaya pembayaran bulanan yang membengkak, denda yang tiba-tiba ada, atau jangka waktu yang terlalu singkat membuat biaya pembayaran membesar. 

Padahal jelas sekali bahwa kontrak perjanjian ada di awal transaksi. Nah, biasanya kamu sering tidak memperdulikan tulisan setuju atau tidak setuju dari laman kontrak perjanjian sebelum melakukan pinjaman.

  • Membayar Cicilan Tepat Waktu

Membayar cicilan harus dilakukan tepat waktu sesuai dengan ketentuan yang disepakati. Karena kalau kamu terlambat dalam melakukan pembayaran kamu harus siap dengan denda yang kamu dapat setiap keterlambatan itu dilakukan.

Denda yang menumpuk ini akan menjadi beban yang serius loh, bahkan akan menjadi bayaran yang sangat besar tergantung nominal pinjaman kamu.

Manfaat dari membayar cicilan tepat waktu, selain menghindari denda juga untuk memperlancar pinjaman-pinjaman selanjutnya. Lebih sederhananya, kamu dipercaya oleh paylater untuk terus menggunakan transaksi non tunai, bahkan bisa meningkatkan limit yang ingin kamu capai.

  • Mengetahui denda keterlambatan pengembalian Pinjaman  

Pentingnya mengetahui denda keterlambatan pengembalian pinjaman adalah membuat kamu takut untuk telat dalam setiap pembayaran. Biasanya seseorang akan mudah nurut ya kalau sudah mengetahui konseskuensi apa yang didapat dalam melakukan kesalahan.

Denda harus diperhatikan, karena bukan hanya saja nominal yang dijadikan denda, tetapi nama baik kamu di aplikasi penyedia paylater akan tercoreng. Jadi, kalau kamu memiliki riwayat denda yang banyak akan membuat kredibilitas kamu dalam memiliki limit pinjaman berkurang.

  • Prioritaskan yang Penting

Memang sulit untuk menghentikan hasrat berbelanja, apalagi memiliki paylater dengan limit yang besar. Tetapi kamu harus bisa mengontrol diri dalam berbelanja. 

Prioritaskan belanjaan yang memang penting buat kamu. Dengan mengatur kuantitas belanja, kamu bisa hemat dan tidak banyak mengeluarkan uang untuk pembayaran cicilan.

  • Menggunakan Promo

Dalam berbelanja, pastikan kamu tidak melewatkan promo yang disediakan dalam setiap produk yang dibeli ya. Ini bisa membuat kamu hemat berkali-kali lipat. Sehingga biaya cicilan tidak membengkak tetapi belanjaan tetap banyak.

Promo potongan harga, pengembalian uang dan promo lainnya bisa kamu pakai setiap transaksi belanjaan. Jadi terus pantengin voucher-voucher promo nya ya.

Wah memang begitu sulit ya teman-teman untuk mengontrol diri dalam urusan berbelanja ini, apalagi kebutuhan makin banyak, dan barang-barang baru siap masuk keranjang. Tapi gak ada salahnya kan mencoba bijak dalam berbelanja, terlebih belanja online yang ga usah repot-repot mondar-mandir sana-sini. Tinggal klik klik, tunggu paket, dating deh barang yang diinginkan. Tapi jangan lupakan juga biaya cicilannya ya guys!

Nah, itulah beberapa tips bijak yang bisa kamu pahami dan ikuti dalam menggunakan paylater untuk berbelanja. Semoga bermanfaat