Cara Mengatur Keuangan Pribadi 2022: Kelola Utang Pinjol dengan Cara Efektif Ini

cara mengatur keuangan pribadi2

Tidak semua orang yang sudah memiliki gaji tahu tentang cara mengatur keuangan pribadi dengan benar yang akhirnya mengajukan pinjaman online untuk berhutang. Ada kalanya memang hutang tidak dapat Anda hindari. Apalagi untuk keadaan darurat misalnya membayar pendidikan anak, biaya rumah sakit, dan hal mendesak lainnya. Tetapi masalahnya bisa menjadi rumit saat Anda terjerat hutang karena hal-hal konsumtif, misalnya angsuran kartu kredit. 

Memiliki banyak hutang tidak berarti harga mati jika memiliki rumah pribadi hanyalah sebuah mimpi. Agar dapat lepas dari masalah ini dan Anda juga diharuskan untuk memiliki rumah sendiri, Anda perlu mengetahui cara mengelola keuangan jika Anda memiliki banyak hutang. Nah, untuk Anda yang sudah terlanjur memiliki banyak hutang namun tetap mempunyai tekad kuad untuk dapat membeli rumah, maka ada baiknya simak ulasan berikut ini.

6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi

cara mengatur keuangan pribadi

1. Memiliki sikap optimis 

Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama adalah lebih dulu bangun sikap optimis dan yakinkan pada diri sendiri jika Anda bisa melunasi seluruh cicilan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jangan pernah Anda meragukan diri sendiri sebab hal tersebut dapat berdampak kepada Anda. Dampak paling buruknya yaitu mungkin saja Anda dapat mengalami depresi karena cemas akan masa depan.  

Jangan lupa juga untuk mengencangkan ikat pinggang Anda dengan menerapkan gaya hidup hemat. Kurangi makan di restaurant, jalan-jalan ke mall, belanja barang yang tidak dibutuhkan, dan jajan kopi sebelum ke kantor. Lupakan dulu semua hal tersebut, makan saja masakan sederhana tetapi sehat dan bergizi. 

2. Buat skala prioritas 

Agar semua cara mengatur keuangan pribadi Anda bisa berjalan dengan lancar, maka cacat seluruh hutang pinjaman online sehingga Anda dapat membuat kelompok utang, mulai dari suku bunga tertinggi, utang yang jumlah nya besar, sampai pinjaman lunak.

Lalu, susun semuanya bersumber pada skala prioritasnya. Seperti utang yang suku bunganya tertinggi harus segera Anda lunasi, begitu juga dengan hutang yang jumlahnya sangat besar. 

Seluruh usaha dan niat Anda untuk dapat melunasi seluruh hutang tersebut akan sia-sia bila membayarnya tidak tepat waktu. Sama saja Anda tidak memiliki itikad baik untuk mengatur utang dan bahkan Anda menambah beban hutang karena terkena denda yang wajib dibayarkan. 

Hal tersebut pun berlaku untuk cicilan pinjaman online, apalagi bila Anda menunggak sampai berbulan-bulan. Jika Anda memiliki angsuran kendaraan atau KPR pada lembaga non-bank, harus anda tahu jika mereka sangat ketat saat menerapkan sanksi dan denda. Anda juga harus waspada dengan debt collector yang akan mendatangi Anda setiap hari. 

3. Stop hutang konsumtif 

Hutang yang satu ini merupakan hutang yang Anda pakai untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan nilai dari barang tersebut selalu mengalami penurunan di masa mendatang. Seperti, membeli alat elektronik, kendaraan dan smartphone.

Apalagi Anda membayarnya dengan cara mencicil. Dalam situasi banyak hutang ini, jangan pernah gunakan kartu kredit untuk membeli hal apapun termasuk segelas kopi. 

4. Hindari gali lubang tutup lubang 

Jangan menggunakan metode yang satu ini yang membuat Anda masuk ke dalam jurang yang sangat dalam karena akan semakin sulit untuk menghentikan dan membayarnya. Cara ini hanya bisa efektif untuk menutup satu lubang saja, tetapi tetap saja pendapatan Anda akan tersebut berkurang untuk membayar hutang berikutnya. 

Belum pula bila nyatanya bunga hutang tersebut lebih besar dari hutang lainnya. Supaya ketika ingin membeli rumah Anda tidak lagi terjerat hutang, ketahui juga seluruh biaya yang diperlukan untuk membeli rumah. 

5. Cari pendapatan tambahan 

Cara yang sangat efektif untuk membantu menuntaskan semua hutang tersebut yaitu dengan mencari pendapatan tambahan. Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan seperti membuka bisnis rumahan atau mengambil pekerjaan freelance jika Anda memiliki skill tertentu. Nantinya, uang tersebut dapat Anda pakai untuk membayar hutang, bahkan dapat menabung DP beli rumah. 

Supaya pengelolaan uang Anda ketika mengangsur rumah menjadi lebih baik, ada baiknya simulasikan angsuran KPRnya yang biasanya disediakan di beberapa website. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa uang yang akan Anda keluarkan untuk cicilan rumah nantinya. 

6. Datangi profesional 

Jika menurut Anda seluruh hutang tersebut benar-benar tidak dapat Anda selesaikan, maka lebih baik Anda datang ke profesional manajemen keuangan agar Anda mendapatkan jalan keluar dengan tepat. Biasanya bantuan yang akan diberikan oleh para profesional akan melihat kondisi keuangan Anda sekarang dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kemampuan Anda. 

Namun, Anda tetap harus mencari perusahaan atau lembaga yang terpercaya dan kredibel, tetapi harus Anda ketahui jika terdapat biaya jasa yang harus Anda keluarkan jika Anda datang ke profesional. 

Demikian cara mengatur keuangan pribadi untuk Anda yang memiliki banyak hutang pinjaman online. Selamat mencoba, semoga seluruh informasi atas dapat membantu Anda untuk melunasi hutang.