Apa itu Pinjol: Riwayat dan Sejarahnya di Indonesia

apa itu pinjol

Apa itu pinjol? Mungkin dari Anda pernah menggunakan dan memanfaatkan pinjol atau pinjaman online tersebut. Apalagi sekarang ini ada banyak beberapa platform yang menawarkan pinjaman dengan mudah dan praktis melalui aplikasi secara online tersebut, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. 

Hadirnya fintech berupa pinjaman online (Pinjol) membuat semuanya jauh lebih cepat dan proses perputaran keuangan tidak membutuhkan waktu yang lama. Apalagi didukung oleh beberapa kemudahan dalam proses membayar, pendanaan, pinjaman, dan lainnya membuat trend fintech pinjaman banyak diminati. Lantas, bagaimana sih sejarahnya? Mari kita utas. 

Apa itu Pinjol? 

Pinjol atau pinjaman online merupakan layanan yang memberikan pembiayaan yang telah disediakan oleh badan atau lembaga tertentu yang telah mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat. Ketentuannya berbeda-beda tergantung dari penyedia layanan dalam memberikan jumlah pinjamannya. 

Trend pinjaman online sedang banyak dicari dan diminati oleh masyarakat, karena memberikan banyak kemudahan dan kepraktisannya dalam pengajuan pinjaman. Tidak perlu membutuhkan waktu lama, maka dana langsung cair. Faktor inilah yang membuat perkembangan pinjaman online banyak dicari dan diminati oleh masyarakat. 

Sejarah Pinjaman Online 

Setelah memahami mengenai pinjol, maka langsung saja membahas mengenai sejarah hadirnya pinjaman online ditengah masyarakat. Untuk lebih mudah dalam memahaminya, maka perlu memperhatikan mengenai fintech atau financial technology. Fintech merupakan layanan khusus keuangan yang semuanya mengacu pada teknologi untuk basis operasionalnya. 

Apabila melihat dari pemahaman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), fintech adalah inovasi yang dihadirkan oleh industri jasa keuangan dalam bentuk mengoptimalkan teknologi untuk didapatkan dan dinikmati oleh banyak orang. Tidak heran, perkembangannya pun telah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. 

Di Indonesia sendiri, perkembangan fintech terbilang banyak dan kebutuhannya pun bermacam-macam, ada sebagai microfinancing, digital payment, crowdfunding, dan peer to peer lending. Nah, P2P inilah yang menjadi dasar munculnya layanan keuangan yang basisnya teknologi untuk kebutuhan pinjam meminjam dalam masyarakat. 

Awal mula adanya layanan satu ini sudah ada sejak tahun 2016 dan perkembangannya memang fokus untuk kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tetapi, ada beberapa sumber yang menyebutkan apabila P2P lending sudah ada sejak tahun 2006. Apapun itu, namun perkembangan pinjol mengalami kenaikan yang sangat drastis. 

Tepatnya pada tahun 2018 saja pinjol mampu menyalurkan dana sekitar 22 triliun rupiah dan meningkat tahun 2019 mencapai 81 triliun. Bahkan, berdasarkan data tahun 2020 saja pinjol mencapai nilai yang sangat fantastis, yaitu 156 triliun rupiah. Memasuki akhir tahun 2021 kemarin saja nilai pinjol saja mencapai 249 triliun rupiah.

Tidak heran perkembangannya begitu cepat, karena pasarnya sangat besar. Sehingga P2P Lending inilah terus tumbuh dan telah bekerjasama dengan beberapa pihak perbankan, terutama untuk menyalurkan dana pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Manfaat Menggunakan Pinjol 

apa itu pinjol

1. Proses Cepat dan Mudah 

Untuk Anda yang tertarik dalam menggunakan pinjaman online, tidak perlu menunggu waktu yang lama dan menghadapi proses yang terlalu panjang. Karena semua kebutuhan yang Anda inginkan bisa dengan cepat dilakukan, tinggal masukkan saja beberapa persyaratan yang telah ditentukan dan tinggal menunggu saja prosesnya. 

Bagian satu ini sangat menarik untuk Anda perhatikan, sehingga memberikan banyak keuntungan yang bisa didapatkan, terutama ketika dalam keadaan mendesak. 

2. Pencairan Dana Hitungan Jam 

Mungkin sebelumnya Anda pernah mengajukan pinjaman kepada bank, tetapi harus menunggu proses konfirmasi yang sangat lama. Karena harus memperhatikan semuanya secara jelas agar pinjaman yang diberikan tidak akan mengalami permasalahan kedepannya. Selain itu juga, ada beberapa regulasi yang telah ditentukan oleh pihak perbankan. 

Hal ini berbeda apabila Anda mengajukan pinjaman langsung ke pinjol, semua prosesnya sangat cepat dan menariknya lagi semuanya dilakukan secara online. Untuk waktunya sendiri bisa dalam hitungan jam atau hari dan dana langsung bisa dicairkan. Proses satu ini benar-benar memberikan banyak kemudahan, terutama untuk yang membutuhkan pinjaman. 

3. Syarat Mudah dan Sederhana 

Jika Anda mencari dan mengajukan pinjaman melalui fintech yang terdaftar langsung dari OJK, maka syarat yang diberikan pun sangat mudah dan sederhana. Karena dalam prosesnya tidak ada jaminan atau tanpa agunan, sehingga tinggal langsung registrasi saja. Tahapannya pun sangat mudah dan tidak sulit sama sekali. 

Beberapa syarat yang Anda butuhkan itu hanya memberikan scan KTP, melampirkan slip gaji, dan biasanya proses pinjaman akan diproses. 

4. Alternatif Sumber Dana 

Apabila Anda sedang membuka usaha dan terjadi permasalahan pada keuangan, pinjaman online termasuk solusi yang paling tepat untuk Anda manfaatkan. Apalagi sekarang ini ada banyak platform yang menawarkan untuk pebisnis yang membutuhkan suntikan dana untuk kemajuan bisnis yang dijalankan. 

Pinjol adalah solusi tepat untuk Anda yang sedang membutuhkan dana pinjaman, sehingga bisa Anda optimalkan semuanya.