Lebih Selektif Memilih Aplikasi Pinjaman Uang

aplikasi pinjaman uang

Saat ini ada banyak aplikasi pinjaman uang yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan modal tambahan secara mudah dan praktis. Bahkan, beberapa penawarannya pun sangat menarik untuk dilihat. Tidak mengherankan perkembangan mengenai pinjaman uang secara online banyak dilirik dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Pesatnya perkembangan pinjaman online tersebut, membuat banyak oknum memanfaatkan situasi dan kondisinya. Prosesnya dengan menawarkan pinjaman dengan memberikan bunga yang terlalu besar dan tahapan yang tidak sesuai ketentuan. Nah, melalui artikel kali ini kami akan membahas tips memilih aplikasi pinjaman dan rekomendasinya, simak yuk. 

Memilih Aplikasi Pinjaman Uang 

1. Legal di OJK 

Langkah pertama kali ketika Anda memutuskan untuk melakukan proses pinjaman secara online dengan berbagai kebutuhan, maka pastikan mengecek legalitasnya terlebih dahulu. Bagian satu ini sangat penting, karena apabila Anda mengabaikannya akan ada dampak besar yang terjadi dan akan dihadapi nantinya. 

Faktor satu ini perlu Anda lihat dan pertimbangkan secara matang, karena apabila Anda salah dalam melakukannya akan ada banyak permasalahan yang akan terjadi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman bisa langsung kunjungi situs OJK secara langsung dan terdapat beberapa daftar pinjaman uang online yang resmi atau legal. 

2. Proses Mudah Tanpa Ribet 

Jika Anda ingin mencari pinjaman online, pastikan Anda mencari lembaga keuangan mengenai pinjaman tersebut dengan menyediakan beberapa platform yang memudahkan masyarakat untuk memudahkan dalam menikmati penawaran jasa atau produknya tersebut. Dalam tahap ini, penting untuk Anda lihat dan pertimbangkan. 

Mengenai kemudahan satu ini disesuaikan terhadap beberapa persyaratan yang akan digunakan oleh calon nasabah, masa tenor yang diberikan, dan proses pencairan dana yang sedang diajukan tersebut bisa cepat atau lambat. Tentunya Anda harus mencari yang tepat dan sesuai dengan ketentuan yang ada tersebut agar tidak salah dalam mencarinya. 

3. Transparan 

Mungkin Anda akan melihat beberapa kasus banyak nasabah mengalami banyak kerugian akibat mengajukan pinjaman ke pihak platform penyedia layanan tersebut secara sembarangan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, perhatikan dahulu mengenai track record dari penyedia layanan jasa pinjaman itu. 

Apabila Anda salah dalam menentukannya, maka akan ada banyak kerugian yang akan terjadi. Hal ini perlu Anda hindari dengan memperhatikan beberapa ketentuan yang ada, salah satunya dengan melihat transparansi yang diberikan. Proses satu ini harus benar-benar bisa Anda lihat dan jangan sampai salah dalam melakukannya. 

Dampaknya kedepan Anda akan mendapatkan banyak kerugian akibat aplikasi pinjaman uang yang salah. Perlu untuk dipertimbangkan terkait biaya dan bunganya, berdasarkan perhitungan dari aplikasi terdaftar mengenai bunga yang dibebankan tidak lebih 4 persen. Jika lewat dari presentasi tersebut, lebih baik untuk menghindarinya. 

 4. Perhatikan Semua Persyaratan 

Ketika sudah bulat untuk mengajukan pinjaman, maka sebelum konfirmasi melakukan pinjaman penting untuk melihat semua persyaratan yang diberikan. Dalam tahap ini, semuanya harus jelas dan jangan sampai ada beberapa poin tanpa ada pahami sepenuhnya. Karena apabila Anda menyepelekannya akan ada dampak panjang yang terjadi nantinya. 

Pastikan Anda tidak mendapatkan banyak permasalahan dan beberapa poin yang diberikan tidak menyudutkan atau merugikan nasabah, sehingga harus teliti dan hati-hati dalam menentukannya semuanya. Apabila Anda beberapa poin yang sekiranya kurang dipahami, langsung saja hubungi pihak Customer Service (CS) nya terlebih dahulu. 

Jangan sembarangan tanpa ada pertimbangan, semuanya harus jelas dan menyeluruh agar tidak salah langkah. 

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online

aplikasi pinjaman uang 

Berikut ini ada beberapa aplikasi pinjaman yang bisa Anda pilih dan manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan, simak yuk

1. Aplikasi Kredit Pintar

Aplikasi pinjaman uang secara online satu ini sudah ada sejak tahun 2017 dan statusnya sendiri telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). untuk mendapatkan pinjaman melalui aplikasi satu ini tinggal foto KTP dan persyaratan tambahan lainnya. Mengenai jumlah pinjamannya pun bisa mencapai 20 juta rupiah. 

Proses pencairan melalui aplikasi satu ini sangat cepat, rata-rata proses pengajuan hanya 3 menit dan pencairan kurang lebih 1×24 jam. 

2. Aplikasi Indodana 

Selanjutnya apabila Anda ingin mengajukan pinjaman bisa memilih IndoDana. Aplikasi satu ini sudah terdaftar dan telah banyak bekerjasama dengan beberapa merchant yang ada di Indonesia. Untuk Anda yang tertarik memanfaatkan pinjaman uang dari aplikasi satu ini harus memiliki penghasilan kurang lebih 3,5 juta rupiah. 

3. Aplikasi Koinworks 

Terakhir, rekomendasi aplikasi pinjaman yang bisa Anda pilih adalah Koinworks. Menariknya melalui aplikasi ini ada dua kategori, yaitu bisnis dan personal. Tentu ada beberapa ketentuan untuk mengajukan pinjaman. Mungkin untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung mengunjungi Koinworks untuk dijadikan tempat mengajukan pinjaman online terpercaya. 

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai aplikasi pinjaman uang. Semuanya memberikan banyak kemudahan, terpenting Anda mengelola secara bijak.