Kenali Resiko Pinjam Uang Online tanpa Jaminan

Kenali Resiko Pinjam Uang Online tanpa Jaminan

Kebutuhan masyarakat memang beragam, bahkan belum tentu bisa ditutupi dengan pendapatan yang diperoleh tiap bulannya. Maka daripada itu, tidak heran jika sekarang ini pinjaman online pun semakin merajalela. Hadirnya pinjol memang bisa membantu masyarakat, terlebih dengan syarat yang tidak terlalu sulit, yaitu tanpa adanya jaminan. 

Hal tersebutlah yang menyebabkan masyarakat berbondong–bondong meminjam uang online. Karena tidak semua orang mempunyai harta atau surat berharga untuk dijadikan jaminan. Tapi, sayangnya tidak ada yang menyadari bahwa ada resiko pinjam uang online tanpa jaminan. Dimana Anda pun harus mengetahuinya. 

Resiko Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan 

Sebenarnya sudah banyak kasus yang diberitakan akibat dari meminjam uang online tanpa jaminan ini. Dimana tentu saja menjadi keresahan sendiri diantara masyarakat. Anda pun juga harus memahami apa saja resikonya sebelum meminjam uang online. Berikut ini adalah resikonya: 

Bunga pinjaman terlalu tinggi 

Resiko pertama yang paling kerap tidak dihiraukan oleh masyarakat adalah tentang bunga pinjaman. Anda harus tahu bahwa pemerintah melalui OJK telah menetapkan bunga tertinggi untuk pinjaman online. Bahkan bank pun juga diawasi oleh lembaga yang satu ini. Tapi, jika dibandingkan dengan bank, pinjaman online resmi juga menetapkan bunga jauh lebih tinggi. 

Kenapa? Karena syarat yang diberikan sangatlah mudah. Tanpa jaminan hanya dengan menggunakan identitas diri, maka Anda sudah mendapatkan dana pinjaman yang dibutuhkan. Hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin meminjam uang online tanpa adanya jaminan. 

Tidak ada transparansi

Resiko selanjutnya yang ada di pinjaman online adalah tidak ada transparansi terhadap utang yang Anda ambil. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi Anda karena tidak tahu berapa besaran dana yang harus dikembalikan. Sehingga kemungkinan besar Anda ditipu oleh pinjaman online tersebut juga jadi sangat besar. 

Pinjaman online yang resmi biasanya akan menjelaskan berapa besaran yang akan dibayarkan setiap bulannya. Dimana ini sudah masuk dalam aturan di OJK. Bila Anda menemukan aplikasi pinjaman online tanpa adanya kalkulator kapan besaran pinjaman yang harus dibayarkan, lebih baik menjauhinya. 

Kenali Resiko Pinjam Uang Online tanpa Jaminan

Data pribadi disalahgunakan 

Hal yang sangat mengkhawatirkan ketika Anda meminjam uang online adalah data pribadi akan digunakan untuk yang tidak baik. Penyalahgunaan data pribadi sendiri sudah menjadi masalah besar. Dimana data–data yang Anda miliki akan dipakai orang yang tidak bertanggung jawab untuk meluruskan jalan mereka.

Tentu saja ini akan memberikan dampak buruk. Bayangkan jika data diri Anda digunakan untuk menipu. Dimana yang pertama kali dicari pihak berwajib pasti adalah Anda. Kondisi inilah yang sangat ditakutkan oleh pemerintah. Sehingga sangat disarankan Anda hanya meminjam di pinjaman online yang sudah masuk dalam daftar OJK. 

Penipuan investasi 

Resiko yang satu ini sendiri juga menjadi salah satu yang juga sangat meresahkan. Investasi bodong adalah tindakan penipuan dengan modus Anda akan dimintai uang untuk investasi. Dengan jaminan akan memperoleh keuntungan berlipat. Namun, ada juga modus dimana mereka akan memberikan pinjaman kepada Anda, kemudian nantinya Anda akan diminta mengembalikan dana yang telah diberikan. 

Hasilnya? Sudah jelas Anda akan ditagih dengan cara yang kurang baik. Bahkan bisa mengejar Anda setiap hari hingga tidak bisa berpikir lagi untuk membayarnya bagaimana. Tentu saja ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan mental dan tubuh Anda. 

Memiskinkan dalam waktu cepat 

Resiko selanjutnya yang juga perlu Anda ketahui adalah dengan pinjam uang online tanpa jaminan ini adalah bisa memiskinkan Anda dalam waktu yang cepat. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dengan bunga tinggi serta tenor yang terlalu cepat sudah pasti Anda akan kesulitan membayarnya. 

Apalagi jika Anda menggunakan uang yang dipinjam untuk konsumsi secara berlebihan. Sudah pasti Anda akan mendapatkan kesulitan. Jika tidak ada pemasukan, maka jelas Anda hanya akan berakhir gali lubang tutup lubang. Hasilnya jelas harta benda bisa habis dan Anda tidak bisa memiliki apapun. 

Dari penjelasan di atas, maka sudah dapat Anda lihat bahwa meminjam uang online tanpa adanya jaminan sangatlah beresiko tinggi. Apalagi jika Anda tidak melihat apakah pinjaman online tersebut resmi atau tidak. Jangan harap Anda akan terbebas dengan mudah. 

Anda harus melihat banyaknya kasus yang terjadi akibat pinjaman online tanpa agunan. Dimana kasus paling heboh adalah seorang guru TK yang meminjam hanya untuk bayar kuliah, berujung hutang hingga ratusan juta rupiah. 

Jika Anda ingin meminjam uang secara online, maka Anda lebih baik mengecek terlebih dahulu regulasi dan syarat ketentuannya. Tidak hanya itu saja, pastikan bahwa pinjaman online sudah masuk dalam daftar OJK. Sehingga Anda pun bisa terbebas dari resiko–resiko yang sudah disebutkan.