Mengenal Kelebihan KUR Untuk Pelaku UKM

Usaha kecil menengah adalah usaha yang kerap diperhatikan pemerintah, masyarakat menengah ke bawah tidak sedikit memilih jalan profesi sebagai pelaku UKM. Dalam membangun atau mengembangkan usaha biasanya pelaku UKM membutuhkan modal, kemudian ia akan mencari modal melalui beberapa layanan pinjaman, baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta.

Demi mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, pemerintah sampai saat ini berkomitmen mendorong kemajuan, perkembangan dan pemberdayaan pelaku UKM melalui program Kredit Usaha Rakyat atau yang sering disingkat KUR. Pinjaman tersebut merupakan kredit subsidi pemerintah yang bertujuan membantu pelaku UKM dalam membangun usaha.

Sumber dana untuk modal pelaku UKM memulai atau mengembangkan usaha mereka memang bisa saja dari swasta maupun pemerintah. Namun kamu harus tahu bahwa KUR yang merupakan program pemerintah itu sebenarnya memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan tersendiri, sehingga dapat dijadikan pilihan tepat bagi pelaku UKM. Apa saja kelebihannya? Berikut penjelasannya.

4 Kelebihan KUR Bagi Pelaku UKM

Kredit Usaha Rakyat atau KUR sampai saat ini sudah terbukti banyak membantu pelaku UKM untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha mereka menjadi lebih baik lagi atau lebih kuat lagi, dibuktikan dengan banyaknya jurnal penelitian tentang pengaruh atau dampak KUR terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat yang juga mengalami peningkatan.

Kesejahteraan para pelaku UKM tentu merupakan bagian dari kunci pertumbuhan ekonomi suatu negara, sebab itulah pemerintah berupaya menopang kemajuan pelaku UKM dengan program KUR. Berikut ini beberapa keunggulan atau kelebihan Kredit Usaha Rakyat alias KUR bagi pelaku UKM.

  • Limit pinjaman yang besar

Pelaku UKM bisa saja meminjam uang untuk modal melalui jasa pinjaman modal yang disediakan perusahaan swasta, namun kebanyakan dari mereka mengutamakan keuntungan perusahaan, bukan kesejahteraan si peminjam. Maka dari itu mereka sangat hati-hati bahkan tidak jarang berlebihan hati-hatinya dalam memberikan limit pinjaman.

Program Kredit Usaha Rakyat alias KUR yang dikeluarkan pemerintah dan diselenggarakan oleh bank-bank di bawah naungan negara tentunya memiliki kelebihan dalam persoalan limit pinjaman. Mulai dari pinjaman 30 sampai 50 juta rupiah, beberapa bank bahkan menawarkan limit ratusan juta hingga 1 miliar rupiah untuk pelaku UKM.

  • Bunga pinjaman yang kecil

Bukan hanya keunggulan dari limit pinjaman yang besar, akan tetapi juga dari bunga pinjaman yang cenderung kecil, hal tersebut dikarenakan pemerintah memberikan subsidi kepada warganya, dimana pinjaman usaha itu tidak membebani atau membuat warganya susah.

Kamu bisa bandingkan bunga pinjaman KUR dengan pinjaman lainnya, kemudian silahkan bandingkan dengan besaran bunga yang ditentukan. Kredit pinjaman KUR mematok bunga yang cenderung lebih kecil dibandingkan jasa pinjaman uang lainnya, maka dari itu sangat cocok dipilih oleh pelaku UKM.

  • Jangka waktu angsuran yang panjang

Selain limit pinjaman yang relatif besar dan bunga yang kecil, kelebihan KUR juga terdapat pada waktu angsuran yang cenderung lebih lama dibandingkan jasa pinjaman lainnya, terutama yang disediakan atau ditawarkan oleh pihak swasta, dimana KUR bisa memberikan kamu jangka waktu angsuran mulai dari lima tahun, bahkan ada juga yang memperbolehkan pembayaran dalam jangka waktu belasan tahun, tergantung perbankan yang dipilih.

Jangka waktu angsuran yang panjang tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran dengan baik, maka dari itu KUR sangatlah cocok bagi pelaku UKM lantaran menawarkan jangka waktu angsuran yang cukup panjang dan dapat disesuaikan dengan kemampuan pembayaran kamu.

  • Sudah terjamin aman

Dibandingkan dengan pinjaman dari jasa pinjaman swasta, tentunya jasa pinjaman dari pemerintah lebih terjamin aman, data-data kamu akan terjaga dengan baik, tidak akan ada metode penagihan yang merugikan atau merendahkan peminjam, tentunya konsekuensi sesuai perjanjian apabila kamu telat dalam pembayaran.

Bagaimana mungkin KUR tidak terjamin aman? Program kredit pinjaman itu merupakan program pemerintah yang diselenggarakan oleh beberapa bank milik negara yang berada di bawah naungan BUMN, misalnya seperti Bank Rakyat Indonesia atau BRI, Bank Nasional Indonesia atau BNI dan bank Mandiri.

Itulah empat kelebihan dari Kredit Usaha Rakyat alias KUR yang merupakan program pemerintah untuk mendorong kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi. Setiap pelaku UKM tentunya memiliki hak sendiri dalam memilih sumber dana untuk modal awal atau modal tambahan, namun apabila ditinjau kembali, maka KUR memiliki banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan pelaku UKM.

Mengajukan kredit pinjaman untuk program KUR juga cukup mudah, asalkan berkas-berkas yang diperlukan tersedia, kemudian kamu memenuhi berbagai persyaratan dan memahami ketentuan, maka kamu bisa mengajukan.

Demikian penjelasan tentang kelebihan KUR bagi pelaku UKM, jangan sampai kamu tidak memanfaatkan beberapa kelebihan tersebut, sehingga kamu akan menyesalinya. Maka sebaiknya kamu pahami beberapa penjelasan di atas, yaitu tentang kelebihan KUR bagi pelaku UKM, lalu mulailah untuk mengajukan kredit pinjaman dan kembangkan usaha kamu.